10 Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mengadapai Wawancara

Tahukah Anda, sebuah penelitian yang dilakukan UCLA mengungkapkan bahwa lebih dari 55 persen komunikasi berasal dari bahasa tubuh, dan hanya 7 persen saja yang berasal dari kata-kata.

Bayangkan betapa banyak hal yang terungkapkan mengenai diri sendiri bahkan saat Anda tak menyadarinya sama sekali.

Oleh karena itu, berikut beberapa rahasia bahasa tubuh yang mungkin bisa membantu untuk menghadapi wawancara kerja, hingga kesuksesan di kehidupan sosial.

Perhatikan beberapa bahasa tubuh saat wawancara berlangsung;

  1. Jabat tangan. Semua orang tahu bahwa jabat tangan adalah elemen penting dalam menciptakan kesan pertama. Berikan jabatan yang tegas dan kuat untuk menunjukkan bahwa Anda yakin dan percaya diri.
  2. Jangan menyilangkan lengan dan kaki. Posisi tubuh seperti itu menunjukkan posisi defensif. Usahakan badan sejsjsr dengsn interviewer.
  3. Duduk atau berdiri dengan kaki terbuka lebar. Usahakan miliki rasa percaya diri dengan posisi in.
  4. Pastikan tangan dan kaki Anda tetap relaks. Gerakan tangan dan kaki yang berlebihan bisa memberikan tanda bahwa Anda sedang gelisah dan deg-degan. Coba letakkan tangan di atas pangkuan agar lebih relaks, dan cegah agar kaki tidak banyak bergerak.
  5. Kursi putar. Jika kebetulan duduk di kursi yang bisa berputar, pastikan bahwa Anda tidak memainkannya ke kiri dan ke kanan. Karena akan sangat menggangu dan tidak baik baik dihadapan calon interviewer.
  6. Nada suara. Perhatikan kualitas nada suara Anda. Jangan sampai terdengar monoton, atau terlalu ekstrem dan annoying. Sembunyikan kegelisahan Anda agar suara terdengar meyakinkan dan tenang. Tip paling mudah: hirup napas dalam-dalam sebelum mulai bicara.
  7. Awasi juga bahasa tubuh si pewawancara. Sesuaikan cara berbicara interviewer dengan anda.
  8. Telapak tangan menghadap ke atas. Gestur sederhana seperti ini memiliki makna yang cukup dalam, lho. Tandanya, Anda adalah orang yang friendly dan terbuka. Sebaliknya, telapak tangan yang menghadap bawah mengatakan bahwa Anda memiliki sifat dominan atau agresif.
  9. Mata fokus. Jangan melihat keadaan sekeliling seolah anda tidak tertarik dengan pekerjaan yang anda lamar.
  10. Aktif menyimak. Dengar baik-baik apa yang disampaikan pewawancara. Buat kontak mata, anggukkan kepala saat ia berbicara, dan sesekali ucapkan kata-kata singkat, seperti “ya” atau “I see” meskipun mungkin Anda tak paham benar dengan apa yang disampaikannya.


Posting Komentar untuk "10 Hal Yang Harus Dipersiapkan Sebelum Mengadapai Wawancara"